Minggu, 28 April 2013

soal matematika kelas V semester genap

I. Menentukan persentase sederhana dan kualitas atau banyak barang tertentu.
 1. Tulis data siswa yang ada dari kelas I sampai dengan kelas VI, tentukan persentasenya! Kelas Jumlah Siswa Jml Bentuk Persentase Laki-Laki Perempuan Laki-Laki Perempuan 1 13 12 25 X 100 % = 52 % X 100 % = 48 % 2 3 4 5 1. Di dalam sebuah kantong terdapat 20 butir kelereng berwarna hijau dan merah. Jika kelereng hijau berjumlah 8 butir. Berapa persen kelereng berwarna merah ? Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………. 2. Di dalam kandang terdapat 24 ayam. 6 Ayam tersebut berbulu hitam, 8 ayam berbulu putih dan sisanya berbulu hitam merah. - Berapa persen ayam hitam ? - Berapa persen ayam putih ? - Berapa persen ayam hitam merah ? Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………… II. Menentukan kualitas atau banyak jika banyak benda atau barang dan persentase di ketahui.
 1. Isilah kolom penjualan dibawah ini, kemudian carilah berapa yang harus dibayar?
NO HARGA POKOK DISCOUNT / RABAT PEMBAYARAN Rp % Rp % 1 80.000 22.000 15% 68.000 85% 2 3 4 5 6 7
 2. Carilah brosur harga di toko / Indomaret, Koran, majalah, kemudian guntinglah brosur tersebut dengan ketentuan harga minimal Rp. 20.000, berikut potongan harga / diskon. NO HARGA POKOK DISCOUNT / RABAT PEMBAYARAN Rp % Rp % 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
 3. Isilah tabel tabungan bank di bawah ini dengan benar ! NO TABUNGAN WAKTU BUNGA ADM JUMLAH TABUNGAN Rp % Rp % 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
 III. Mengubah pecahan biasa kedalam persen atau desimal (sebaliknya) 1. Gambarlah pecahan berikut ini dalam bentuk bagian seperti di atas, tulislah bentuk persen dan desimalnya. a. =. . . b. =. . . c. =. . . d. =. . . e. =. . . g. =. . 2. Lengkapi tabel berikut ini dengan menggunakan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 dalam bentuk pecahan. No Pecahan Biasa Pecahan Desimal Persen a. 0,4 40 % b. c. d. e. 1. Sebutkan pecahan dan persen yang sering dipakai dengan melengkapi tabel berikut ! No Pecahan Campuran Pecahan Biasa Persen Pecahan Desimal 1. 275 % 2,75 2. 3. 4. 5. Perhatikan kartu bilangan berikut! 1. Susunlah 2 kartu dan berikanlah tanda >, <, atau = 2. Ambilah 3 kartu dan urutkan dari pecahan terkecil. I. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan biasa yang penyebutnya sama dan tidak sama. A. Tulislah pecahan pada variable di bawah ini kemudian jumlahkan dan tentukan hasilnya! - Pembilang tidak boleh lebih besar daripada penyebutnya. - Penyebut bilangan asli kurang dari 15. a. t + = . . .. b. p + = . . .. c. + n = . . .. d. + m = . . .. e. k + = . . .. f. + z = . . .. g. p + = . . .. h. R + = . . .. i. x + = . . .. j. + y = . . .. B. 1. Hitunglah pengurangan pecahan berikut ! a. - = . . .. b. - = . . .. c. - = . . .. d. - = . . .. e. - = . . .. f. - = . . .. g. - = . . .. h. - = . . .. i. - = . . .. j. - = . . ..
2. Hitunglah penjumlahan dan pengurangan di bawah ini ! a. - + = . . .. b. + - = . . .. c. - + = . . .. d. - + = . . .. g. + - = . . .. h. + - = . . .. i. + - = . . .. j. + - = . . .. 1. Pak Darminianto mempunyai hektar ladang. hektar ditanami ubi pohon dan hektar ditanami ubi rambat. Berapa bagian sisa ladang yang belum ditanami ? 2. Dina membeli majalah yang berisi 90 halaman. Ia baru membaca sampai halaman 30. Berapa bagian halaman yang belum dibaca ? 3. Ibu membeli satu Loyang lapis ukuran besar. Kue itu diberikan kepada ke 2 adik ibu masing – masing bagian dan bagian. Berapa bagian lapis yang disimpan ibu ? 4. Pak Iwan membelanjakan Rp. 150.000,00 untuk membeli celana panjang. Ia juga membeli kaos. Harga kaos dari harga celana panjang. Berapakah harga total kedua barang tersebut ? 5. Deni dan Ani mengerjakan sejumlah soal pekerjaan rumah. Deni dan Ani bekerja sama untuk mengerjakan soal tersebut. Saat ini Deni sudah mengerjakan dari seluruh soal dan Ani mampu mengerjakan dari seluruh soal. Jika soal yang mereka kerjakan tidak sama, berapa bagian soal yang belum mereka kerjakan ? II. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan berbagi bentuk pecahan campuran yang penyebutnya sama dan tidak sama Diketahui bilangan pecahan : I. Selesaikan soal dibawah ini. 1. A + B = . . .. 2. A + C = . . .. 3. B + C = . . .. 4. C + E = . . .. 5. D + E = . . .. 6. A + C = . . .. 7. C + D = . . .. 8. A + D = . . .. 9. B + D = . . .. 10. E + A = . . .. 1. Kerjakan dengan teliti! a. 2 - = . . .. b. 1 - = . . .. c. 9 - 6 = . . .. d. 5 - 3 = . . .. e. 4 - = . . .. f. 2 - 1 = . . .. g. 5 - 3 = . . .. h. 6 - 2 = . . .. i. 7 - 2 = . . .. j. 4 -3 =.... 3. Diketahui bilangan pecahan A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 E. 2 F. 3 G. 3 H. 2 Kurangkan variabel di bawah ini! Dengan menggantikan angka di kolom atas! 1. A – E 2. B – F 3. C – h 4. D – G 5. A – F 6. D – A 7. C – H 8. B – E 9. B – H 10. C - F I. Mengenal dan melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan. A. Perkalian pecahan dengan bilangan bulat. 1. Kalikan pecahan berikut ini ( , , , , , , , , , dan ) dengan bilangan asli yang terdapat dalam tabel di bawah ini ! 1. 3 x = . . .. 2. 4 x . . . = . . .. 3. 2 x . . . = . . .. 4. 5 x . . . = . . .. 5. 7 x . . . = . . .. 6. 6 x . . . = . . .. 7. 8 x . . . = . . .. 8. 1 x . . . = . . .. 9. 10 x . . . = . . .. 10. 9 x . . . = . . .. B. Perkalian antar bilangan pecahan. I. Di bawah ini terdapat pecahan yang berbeda. Coba pasangkan dan kalikan (paling sedikit 8 pasang ). a. b. c. d. e. f. g. h. a. … x … =…. b. … x … = …. c. … x … = …. d. … x … = …. e. … x … = …. f. … x … = …. g. … x … = …. h. … x … = …. i. … x … = …. j. … x … = …. Untuk mempermudah perhitungan, kalian bisa membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Contoh : x = x = Catatan : 7 dan 14 dibagi 7 3 dan 21 dibagi 3 C. Perkalian pecahan campuran dan pecahan berbeda bentuk. 1. x 0,5 = . . .. 2. 2 x 3 = . . .. 3. 1 x 2 = . . .. 4. 5 x 2 = . . .. 5. 1,2 x = . . .. 6. 2,5 x 4 = . . .. II. Pembagian A. Pembagian bilangan bulat dengan pecahan. 1. Bagilah bilangan asli yang kurang dari 10 dan lebih besar dari pada 1 dengan pecahan , , , , dan . a. 3 : = . . .. b. ………………… c. ………………… d. ………………… e. ………………… f. ………………….. g. ………………….. h. ………………….. i. ………………….. j. …………………. B. Pembagian pecahan dengan pecahan. I. Kerjakan soal – soal berikut dengan cara yang paling mudah kemudian sederhanakan. 1. : = . . .. 2. : = . . .. 3. : : = . . .. 4. : = . . .. 5. : = . . .. II. Diketahui beberapa bilangan pecahan : a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. Pasangkanlah bilangan - bilangan di atas ! a. . . . : . . . = . . .. b. . . . : . . . = . . .. c. . . . : . . . = . . .. d. . . . : . . . = . . .. e. . . . : . . . = . . .. f. . . . : . . . = . . .. g. . . . : . . . = . . .. h. . . . : . . . = . . .. i. . . . : . . . = . . .. j. . . . : . . . = . . ..
 III. Pasangkan huruf yang diketahui dibawah ini kemudian buatlah pembagian. a. A : B = . . .. b. B : C = . . .. c. A : D = . . .. d. …………………….. e. …………………….. f. ……………………..
 IV. Menyelesaikan soal cerita yang mengandung operasi hitung pada pecahan pada perkalian dan pembagian.
1. Jumlah siswa kelas 5 dan 6 berjumlah 144 siswa. nya adalah siswa perempuan. dari siswa perempuan tinggal di Surabaya. Berapa siswa perempuan yang tinggal di Surabaya ?
 2. Ibu membeli 6 bungkus kue – kue kering. Setiap bungkusnya berisi kue seberat kg. Berapa kg jumlah semua kue yang dibeli ibu ?
3. Bu Yume membeli 240 butir telur. nya ternyata sudah busuk. Kemudian Bu Yume menjual dari telurnya yang sudah bagus. Berapa butir telur yang masih bagus yang terjual ?
 A. Menjelaskan arti perbandingan pecahan “ Tugas Berpasangan “
 1. Keluarkan buku yang ada dalam tasmu. Hitunglah berapa jumlahnya ? 2. Cari pasanganmu, tulis juga jumlah milik pasanganmu ! dan Tulislah : a. Perbandingan bukumu dan buku pasanganmu ! b. Jumlah bukumu dan bukun pasanganmu ! c. Selisih bukumu dan buku pasanganmu ! d. Perbandingan bukumu terhadap jumlah seluruh buku ! e. Perbandingan buku temanmu terhadap jumlah seluruh buku ! f. Perbandingan bukumu terhadap selisih buku keduanya ! g. Perbandingan buku temanmu terhadap seluruh buku keduanya ! B. Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan
 1. Tulislah perbandingan siswa di kelas I, II, III, IV, V , VI, dengan bilangan yang sangat sederhana ! Kelas Jumlah siswa Perbandingan Jumlah perbandingan Selisih perbandingan 1 : 2 40 : 30 4 : 3 7 1 2 : 3 3 : 4 4 : 5 3 : 6 5 : 6 2. Di Indonesia pengukuran suhu pada termometer menggunakan Celcius (0C), Reamor ( 0R), dan Fahrenheit (0F). Perbandingan suhu diatas adalah R = 4 C = 5 F = 9 (+32 0 ) Isilah titik dengan jawaban yang benar. No Celcius Fahrenheit Reamor 1. 2. 3. 4. 5. 80 30 59 32 0 3. Kerjakan soal – soal yang ada dalam tabel di bawah ini ! PERBANDINGAN KEADAAN SEBENARNYA A B A B SELISIH JUMLAH 2 3 30 45 15 75 3 4 12 3 5 80 4 5 20 25 30 6 7 63
 C. Menggunakan perbandingan untuk menentukan skala dan melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala
 1. Pada peta jarak kota A ke Kota B adalah 15 cm. Hitunglah jarak sebenarnya jika diketahui skala peta 1 : 200.000.000 ?
 2. Kerjakan sesuai gambar. skala 1 : 500
 a. Berapa m jarak Rumah Dio dan sekolah ?
 b. Berapa m jarak Indomaret ke Rumah Dio ?
c. Ibu membeli bumbu dapur di Indomaret. Karena kurang lengkap, ia pergi ke pasar .Berapa km jarak yang ibu tempuh sampai kepasar ?
d. Ayah ingin membeli obat di Indomaret. Karena tidak ada kemudian ia pergi ke Pabrik lalu pulang kerumah. Berapa km jarak yang ditempuh ayah dari rumah sampai ke rumah lagi ?
3. Isilah titik – titik dengan jawaban yang benar.
 a. Perbandingan umur ayah dan ibu adalah 10 : 8. Jika umur ayah 50 tahun, maka umur ibu adalah . . ..
 b. Jarak kedua kota pada peta adalah 3,5 cm. Skala pada peta itu 1 : 3.500.000. Jarak sesungguhnya kedua kota tersebut adalah . . ..
c. Uang Dio Rp. 20.000, sedangkan uang Nafis Rp. 25.000 Maka perbandingan uang Dio dengan uang Nafis adalah . . ..
d. Umur Mail dibanding umur Bonar adalah 7 : 4. Jika selisih umur Mail dan umur Bonar adalah 9 tahun, maka umur Mail adalah . . ..
e. Jarak kota A dan Kota B pada peta 4 cm. Jika skala pada peta 1 : 1.500.000, maka jarak sebenarnya kota A ke Kota B adalah . . ..
 f. Jarak kota C dengan kota D pada peta adalah 15 cm. Jika jarak sebenarnya antara kota C dengan kota D adalah 300 km, maka skala pada peta adalah . . ..
g. Ayah membeli baju di toko dengan harga Rp. 150.000. Setelah membayar di kasir ternyata hanya membayar Rp. 127.500. Kemudian ayah membeli celana dengan harga Rp. 200.000. Toko tersebut memberi diskon yang sama. Berapa ayah harus membayar ?
- Amati bangun II. (PERSEGI PANJANG) 1. Ada berapa sisi bangun itu ? 2. Apakah semua sisinya sama panjang ? 3. Sudut apakah yang kamu temukan pada potongan sisi – sisinya ? 4. Apakah mempunyai garis diagonal ? 5. Bagaimana panjang diagonalnya? - Dari kegiatan diatas, tentu kamu dapat menyimpulkan ciri dari bangun persegi tersebut: Ciri – ciri ( sifat – sifat ) persegi : 1. Mempunyai empat sisi. Sisi yang berhadapan sama panjang AB=DC dan AD= BC 2. Keempat sudutnya sama besar yaitu 90 0 ( siku – siku )

Dunia Belajar


Dunia Belajar

http://offer.duniabelajar.com/adlog.php?bannerid=13&clientid=13&zoneid=1&source=&block=0&capping=0&cb=f37d2f4787b997d5c48b3e71f962aff5


http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
  BERITA
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif

http://www.duniabelajar.com/img/z.gif

   Untuk Murid

 TIPS



http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
   Soal Latihan: SD Kelas 5
Untuk Murid


Mencari Keliling Lingkaran

Tujuan: 
anak dapat mencari keliling lingkaran dengan menggunakan Ï€  = 3.14 yang telah diketahui panjang jari-jarinya.

Petunjuk: 
Carilah keliling lingkaran dengan menggunakan π = 3.14 jika diketahui jari-jarinya sebagai berikut !
contoh              : 8 cm = . . . cm
jawab               : 50,24
penjelasan        : K = 2 x Ï€  x r
                              = 2 x 3,14 x 8 cm =  50,24 cm

1. 
6 cm = . . . cm


2. 
12 cm = . . . cm


3. 
15 cm = . . . cm


4. 
18 cm = . . . cm


5. 
20 cm = . . . cm


6. 
23 cm = . . . cm


7. 
34 cm = . . . cm


8. 
37 cm = . . . cm


9. 
45 cm = . . . cm


10. 
58 cm = . . . cm


http://www.duniabelajar.com/img/z.gif

http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
   HAK CIPTA © 2005 DUNIABELAJAR.COM



Dunia Belajar
http://offer.duniabelajar.com/adlog.php?bannerid=13&clientid=13&zoneid=1&source=&block=0&capping=0&cb=558431df5db7a12b42a48c84f922051d

http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
  BERITA
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif

http://www.duniabelajar.com/img/z.gif

   Untuk Murid

 TIPS



http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
   Soal Latihan: SD Kelas 5
Untuk Murid


Mengalikan Bilangan Berpangkat

Tujuan: 
Anak dapat belajar perkalian bilangan-bilangan berpangkat.

Petunjuk: 
Kalikanlah bilangan-bilangan berpangkat di bawah ini !

1. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2345&imgtanya=1

a. 4.125

b. 4.513

c. 5.326

d. 5.184

2. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2346&imgtanya=1

a. 400

b. 584

c. 616

d. 754

3. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2347&imgtanya=1

a. 21.952

b. 21.351

c. 19.325

d. 19.781

4. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2348&imgtanya=1

a. 1.035

b. 1.652

c. 2.543

d. 2.304

5. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2349&imgtanya=1

a. 326

b. 432

c. 562

d. 601

6. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2350&imgtanya=1

a. 3.156

b. 5.184

c. 6.135

d. 7.546

7. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2351&imgtanya=1

a. 31.260

b. 31.456

c. 32.000

d. 32.560

8. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2352&imgtanya=1

a. 18.463

b. 19.560

c. 20.026

d. 21.600

9. 


a. 9.216

b. 9.652

c. 11.035

d. 11.859

10. 

http://www.duniabelajar.com/gambar-pertanyaan.php?id=2354&imgtanya=1

a. 7.620

b. 7.658

c. 8.100

d. 8.120

http://www.duniabelajar.com/img/z.gif

http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
http://www.duniabelajar.com/img/z.gif
   HAK CIPTA © 2005 DUNIABELAJAR.COM